Membuat Foto Seperti Lukisan dengan Photoshop Teknik Smudge

Cara membuat foto menjadi seperti lukisan dengan teknik smudge photoshop. Tutorial photoshop  ini bisa kamu kembangkan menjadi teknik membuat karikatur, atau kartun. Selain itu kamu juga bisa membuat foto menjadi anime, semi realistik. Tinggal kamu sendiri lebih kreatif dalam mengedit foto dan juga memilih bahan foto yang tepat untuk diedit. 

Dalam teknik smudge ini saya akan berbagi sedikit bagaimana cara membuat foto seperti lukisan memakai Adobe photoshop dengan teknik smudge painting. Untuk bahan foto, saya memakai foto Citra Kirana, salah satu artis yang bermain dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Saya menggunakan Adobe Photoshop CS 6, kamu juga bisa pakai Photoshop versi yang lama, misalnya CS 3 atau lainnya. Kalau belum punya cari saja di Google Free Download Photoshop CS 6 Portable. 

Dalam Al Quran, ayat mengenai jilbab hanya ada satu, tetapi ayat tentang akhlaq sangat banyak sekali, misalnya tentang tolong menolong, menghormati orang tua, tidak sombong, sabar, pemaaf, memuliakan manusia dan sebagainya. Ya berjilbab itu baik, tetapi alangkah lebih baik lagi jika akhlaqnya juga baik. Berikut hasil Photoshop Editing yang saya buat. 


Oke kita mulai cara membuat foto menjadi seperti lukisan, saya memakai foto artis berjilbab. Biasanya selain bisa tekniknya, kalau ngedit foto yang kamu sukai dan kamu ikhlas ngeditnya,, kemungkinan jadinya juga bagus, he.he.he.. :D.  

Siapkan foto yang ingin kamu jadikan lukisan terlebih dahulu, kali ini saya memakai foto citra kirana yang aku dapat dari sebuah situs. 

Image Source : kapanlagi.com


1.Buka foto yang ingin kamu edit dengan photoshop, caranya klik file > open > cari gambar > open.
2.Kalau gambarmu terlalu besar, atau kamu ingin ukuran tertentu, cropping terlebih dahulu foto sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan, di sini saya memilih 600 px x 900 px.  
3.Kalau sudah, duplicate gambar dengan menekan tombol Ctrl + J dan ubah layer menjadi hitam putih dengan desaturate atau Ctrl + Shift + U. Hasilnya seperti gambar ( Layer 1)
4. Buat duplicate dari layer 1. Tekan tombol Ctrl + J. (Layer 1 copy ) Terus beri efek Invert dengan cara tekan shortcut Ctrl + I
5. Pada Layer 1 ubah blendingnya menjadi multiply untuk mempertajam foto/image, dan pada Layer 1 copy ubah blendingnya menjadi Color Dodge.
6. Pada Layer 1 Copy buatlah efek Gausian Blur untuk besarnya tidak ada patokan, silahkan kamu kira kira sendiri, dengan kombinasi antar multiply, color dodge, gausian blur,, pada step sebelumnya, foto sedikit agak gelap dan yang terang terlihat seperti efek glamour glow. 
7. Langkah selanjutnya adalah menggabungkan gambar dengan cara klik kanan pada layer terus Flattern Image. Terus berikan effect paint Doubt, dengan cara menuju Filter > Filter Gallery > Paint Doubt, Ukuran Sharpnes dll,, silahkan pakai felling, tidak ada patokan.  
8. Langkah selanjutnya agar foto menajdi seperti lukisan dengan photoshop yaitu mulai melakukan smudge painting. Aktifkan Smudge Toll, atur jenis brush dan strength. Dan gosok gosoklah foto. Ingat hati hati dalam menggosok, sesuai alur, dan jangan segan segan untuk memperbesar dan memperkecil brush. Cara menggosoknya yaitu aktifkan smudge tool, klik kiri terus gosok.

9. Setelah proses smudge selesai,, ganti background foto atau latar belakang foto menjadi seperti yang diinginkan dengan cara menyeleksi, terus kamu delete,, ganti background. Untuk caranya, saya menduplikat layer,, Background saya pencet tombol ( gambar matanya/biar gak terlihat ).. terus pada layer yang baru, saya seleksi bagian yang tidak saya inginkan, terus saya delete dan saya masukkan background. Atau kamu bisa cari tutorial cara mengganti background foto. 

10. Rapikan hasil foto editanmu, tambahkan juga efek efek lain yang mendukung misalnya sedikit sentuhan cahaya, atau mengatur warna, brightnes , contrass dan sebagainya. Smudge yang kamu lakukan ke foto akan mempengaruhi hasil, atur besar kecilnya, strength dll. biasnya saya memakai strength antara 16 - 40 an, kemudian saya teliti kembali untuk merapikan dengan memakai strength antara 10 - 18. Nah disini proses finishing photo agar menjadi seperti lukisan akan lebih bagus. Kamu juga bisa menambahkan logo atau signature kamu di gambar. Untuk background foto bisa kamu cari di google, atau membuat sendiri dengan cara foto dari background tersebut kamu beri efek cloud. ( Filter > Render > Cloud ) untuk mengganti warna, pakai hue and saturation. 

11. Kelemahan smudge kalau tidak hati hati bisa rusak fotonya, misalnya bagian alis , mata, bulu mata, bibir, dan lain lain. Kamu bisa beri sentuhan sedikit agar foto lebih rapi,, misalnya bagian bulu mata yang kamu smudge hilang,, terus kamu bikin aja bulu mata pakai brush. 

Berikut perbedaan antara foto yang asli dengan hasil editan yang sudah dibuat. menggunakan teknik smudge. 


Sekian Tutorial Cara membuat foto menjadi seperti lukisan dengan Photoshop dengan teknik smudge. , apabila ada pertanyaan atau kritik saran, silahkan berkomentar. Semoga berkenan dan bermanfaat
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak