Wisata Jeep di Kab. Semarang - Banyubiru Adventure

Hai, sobat wisata, sekarang di Kab. Semarang sudah ada wisata adventure keren lhoh. Ok, langsung aja namanya Banyubiru Adventure. Apaan sih itu? ya wisata naik jeep bareng-bareng terus explore alam dan pegunungan Telomoyo di Banyubiru. Jadi kalau kamu lagi nyari tempat wisata di Kab. Semarang yang kekinian dan instagramable? kayaknya kamu mesti nyoba yang satu ini deh, nggak bakalan kecewa pokoknya. Ok, kali ini aku mau ngasih rekomendasi wisata terbaru di Kabupaten Semarang, khusus di seputar Kecamatan Banyubiru yang nggak kalah keren sama trip naik jeep Merapi Jogjakarta, naik jeep yang di Kemuning, Magelang, Dieng Wongosobo atau tempat lain. 

Wisata Naik Jeep Kab. Semarang, Rowoboni View (Foto: Koleksi Imam Muben)

Naik Jeep mungkin bisa jadi pilihan buat kamu yang pengen wisata ekstrem di Pegunungan. View nya keren banget lhoh, soalnya kita explore alam Banyubiru yang indah banget, misalnya lembah kepil, sawah di Kebumen, view Rawa Pening, Gunung Telomoyo, Gumuk Reco, Candi Dukuh dan alam yang punya nuansa pedesaan, dan pemandangannya pun masih natural gitu. 

Share Pengalaman Naik Jeep Banyubiru Adventure Trip

Wisata Jeep Terbaru Di Kabupaten Semarang (Foto: Koleksi Imam Muben)
Awalnya aku nggak sengaja nongkrong di Srawung Sareng desa Tegaron Banyubiru, punyanya mas Agus. Terus rasanya pengen healing ke tempat yang sejuk, yang ada nuansa alam pegunungan terus lewat sawah-sawah gitu. Mas Agus pun langsung whatshap temennya, eh ternyata aku diajak naik jeep terus petualangan ke tempat-tempat keren di Banyubiru Kab. Semarang. Nggak pakai lama, jeep pun datang, dan kita berangkat. Dan woow, emang keren, pikiran bete dan sumpek langsung hilang. Cobain sendiri deh rasanya sensasi naik jeep di Banyubiru. 

Nggak usah galau, soal harganya murah kok, Ok aku jelasin ya, Harga paket trip wisata naik jeep Banyubiru Adventure sama tempat-tempat wisatanya. Nih aku share dikit pengalaman pas naik jeep bareng teman-temanku. Ok, sebelumnya kamu bisa milih 2 paket trip, tinggal nyesuain budget. Sewa satu jeep bisa buat 4 orang, jadi bisa patungan dong, he.he. Terus harganya dah include Driver, Tiket Wisata sama Safety Equipment. Jadi tinggal whatshap, jeep datang, pakai safety equipment dan langsung naik jeep. Nggak usah takut, driver jeepnya ramah kok, bisa request pengen dibikin extreme atau santai. Kalau aku sih misal pas di tempat yang bisa buat selfie, tak suruh berhenti, turun terus selfie, pemandangannya indah, keren deh pokoknya. Kalau pas lewat sungai-sungai, driver dah tahu banget deh caranya bikin kita seru, kena air yang jernih sambil teriak-teriak,,, wkwkkwkk. Pokoknya sebanding deh, cuma dengan budget dikit, tapi bisa dapet petualangan yang luar biasa.

TRIP JEEP WISATA BANYUBIRU ADVENTURE

Tarif Trip Jeep

Short Trip 

  • Durasi 60-90 menit
  • Harga sewa per Jeep: 250 K
  • Kepil Rice Terrace
  • Lembah Ijo
  • Rowo Boni View
  • Trip Sungai

Long Trip

  • Durasi 120-180 menit
  • Harga sewa per Jeep: 500 K
  • Gunung Gajah/Gumuk Reco Sepakung
  • Lembah Ijo
  • Rowoboni View
  • Trip Sungai

Itu semua dah include, Driver, Tiket Wisata sama Safety Equipment. Tinggal pilih mau liburan, privat trip, preweeding atau outbond juga bisa. Buat bapak ibu guru, mungkin pengen suasana outbond di alam, aku rekomendasikan pilih trip khusus outbond di Lembah Ijo. Ok, nih tak kasih bocoran tempat wisata di Banyubiru Kabupaten Semarang. Foto-foto dari yang punya jeep nya, Mas Imam. 

Tempat tujuan wisata recomended untuk trip naik jeep, Banyubiru Kab. Semarang

1. Lembah Kepil/Kepil Rice Terraces desa Kebumen

Kepil Rice Terraces, Sumber foto : https://coretandjawani.blogspot.com/

2. Gumuk Reco desa Sepakung
Ayunan Langit Gumuk Reco Sepakung, Kab. Semarang. Sumber foto : instagram.com/wisata_sepakung
3. Sungai Kaliparat Muncul Rowoboni
Trip Naik Jeep Sungai Kaliparat Banyubiru Kab. Semarang (Foto: Koleksi Imam Muben)
4. Area persawahan di Kebumen, Rowoboni, dan Muncul
Senja Rowoboni View ditemani jeep Banyubiru Adventure (Foto: Koleksi Imam Muben)
5. Candi Dukuh di Rowoboni

Candi Dukuh Rowoboni Banyubiru, (Foto:https://www.flickr.com/)

6. Bukit Cinta desa Kebondowo

Wisata Bukit Cinta Rawa Pening (Foto: https://turisian.com/)

7. Gunung Gajah View

Wisata terbaru Gunung Gajah Banyubiru (Foto/Instagram/gununggajahtelomoyo)

8. Sunrise/Sunset Rawa Pening

Sunset di Rawa Pening , Bukit Cinta (Foto: https://lpmmissi.com/)

9. UMKM Craft dan Argo Education se Banyubiru

Kerajinan Enceng Gondok Rawa Pening Kab. Semarang (Foto:https://travel.kompas.com/)

Banyubiru memang menyimpan pesona wisata yang begitu indah. Menurutku di Kecamatan Banyubiru ini, memang berbeda dengan Kecamatan lain di Kabupaten Semarang. Banyubiru menyimpan eksotisme tersendiri, dan juga menyimpan nilai historis yang tinggi. Eh, pengen cerita dikit nih, soal legenda yang ada di Banyubiru.

Gimana sob? penasaran terus pengen nyoba sensasi wisata naik jeep Trip Banyubiru Adventure bareng temen, pacar atau keluarga pas liburan? Atau buat foto-foto preweeding? Langsung gercep aja order atau check Instagramnya deh. Langsung kepo instagramnya, klik aja Banyubiru Adventure

Buruan deh, mumpung alamnya masih natural, belum ramai kayak yang pernah viral kemarin-kemarin. Itu tuh, halaman rumah seorang Bapak, yang ada viewnya air terjun, terus viral, yang dateng banyak, akhirnya rumput halaman jadi rusak. he..he. Oh ya, jalan-jalan menuju Sepakung terlalu ekstrem, alangkah baiknya, mending sewa Jeep dari Banyubiru Adventure, biar lebih safety. Kalau pengen info lebih detail Map Lokasi, Contact personnya, terus lihat foto-foto bisa klik Kampoeng Banyubiru.

Legenda Lembah Kepil dan Gumuk Reco

Dahulu kala, ada seorang pertapa yang sedang semedi di Lembah Kepil tepatnya di dalam goa bawah Pereng Kuning, Gumuk Reco. Ia ditugasi gurunya untuk membaca wirid di situ agar desa terhindar dari bahaya. Pertapa tersebut bahkan tidak boleh pergi dari tempat bertapanya. Bulan demi bulan ia lalui sendiri di tempat pertapaanya itu. Suatu ketika ada seorang gadis sedang mencari rumput di sekitar situ. Karena saking cantiknya, pertapa tersebut pun tertarik akan gadis itu. Timbul rasa kekaguman dan berhari-hari dia penasaran. Akhirnya dia memutuskan untuk pergi dari tempat bertapanya dan mencari keberadaan rumah si gadis itu.

Pertapa itu berhari-hari mencari si Gadis tadi, hingga ia lupa akan tugasnya. Dia terlena akan kecantikan Gadis si pencari rumput. Dia pun sampai di Desa Likasan, tempat Si Gadis tadi tinggal bersama kedua orang tuanya. Kebetulan saat itu sedang ada pesta pernikahan di Desa. Alangkah kagetnya si Pertapa tadi, gadis yang ia nantikan ternyata adalah wanita yang sedang menikah bersama pria lain di pesta itu. Betapa hancur perasaan si Pertapa tadi, marah, sedih bercampur rasa cinta membuat hatinya berkecamuk. 

Dia pun lari sembari menangis dan melamun di sebuah goa. Hujan turun begitu deras, hingga larut malam ia pun tertidur. Dalam tidurnya dia bermimpi bertemu gurunya. Gurunya pun berbicara dalam mimpinya " Muridku, kemana engkau selama ini, masih ingatkah akan perkataanku ?". Pertapa pun langsung terbangun, namun tiba-tiba terdengar suara gemuruh yang hebat. Ternyata suara itu berasal dari reruntuhan lereng Gunung Telomoyo yang disertai banjir lumpur. Pertapa tadi heran sekaligus ketakutan, dia tetap berlindung di dalam goa tersebut. Hingga pagi, dia keluar dan yang dia lihat hanya tumpukan tanah yang luas bekas banjir yang menimbun Desa Likasan. Dia pun merasa bersalah, dan ingat akan tugas dari gurunya. Untuk menebusnya, dia harus bertapa kembali dan tidak boleh beranjak dari tempat pertapaanya tadi. Bertapa, diam seperti arca atau reco. Kemudian tempat itu diberi nama Gumuk Reco, sebagai pengingat akan kejadian itu. Dan desa Likasan pun oleh gurunya diubah menjadi Desa Kepil yang artinya berdampingan. Harapannya agar masyarakat di situ dapat hidup berdampingan dengan damai dan tenang. 

Ok, itu tadi legenda atau cerita mitos yang bisa aku tulis di blog Subasti ini. Jangan lupa isi liburanmu untuk naik jeep wisata Banyubiru Kabupaten Semarang. Semoga bermanfaat 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Wisata Kabupaten Semarang.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak