Digital Art KH Hasyim Asyari

Kali ini saya ingin berbagi hasil belajar saya mengedit foto dari beliau Hadratus Syeh KH. Hasyim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama atau NU yaitu organisasi yang sangat banyak berjasa bagi sejarah perjuangan Nusantara hingga kini menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia / NKRI.

Selamat Ulang Tahun yang ke 89, semoga NU semakin kuat dan senantiasa bermanfaat bagi bangsa ini.

Ini hasil belajar saya, semoga bermanfaat. 

Banyak sekali jasa para Tokoh NU bagi bangsa ini, namun oleh sejarah terkadang tidak ditulis. Mungkin karena saking ikhlasnya beliau para tokoh NU dalam berjuang sehingga beliau beliau tidak ingin namanya ditulis dalam sejarah. Sebagai contoh dalam Resolusi Jihad yang sekarang dijadikan hari Pahlawan yaitu pada tanggal 10 November. Di sekolah ketika saya masih SD saya hanya dikasih sejarah yang sedikit sekali, saya lebih mengenal Bung Tomo dibanding KH Hasyim Asy'ari. 

Dalam Resolusi Jihad tersebut, membela negara merupakan sebuah kewajiban, bahkan hampir sama wajibnya dengan sholat. Pesantren, para pemuda, kyai, ulama, dan tokoh tokoh lainnya sangat mengerti betul pemahaman akan Islam. Islam bukan hanya sekedar berisi ibadah ritual saja seperti sholat, puasa, zakat dsb, namun juga bagaimana membangun peradaban manusia yang lebih baik. KH. Hasyim Asyari inilah yang mampu memberikan pemahaman bahwa Islam juga harus mengerti tentang wawasan kebangsaan. 

Terimakasih saya haturkan kepada para kyai - kayi  NU,  KH Hasyim As’ari, KH Wahab Chasbullah, KH Bisri Syansuri, KH Ma’shum, KH Zainul Arifin, KH Djamaluddin Malik, H. Asrul Sani, H Mahbub Djunaidi,  KH Idham Chalid, Gus Dur , Gus Mus, dan poro kyai lainnya.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak